Selasa, 14 Maret 2017

Datang bulan terlambat

Datang bulan terlambat

 
Biasanya siklus haid atau menstruasi terjadi sebulan sekali. Karena setiap wanita memiliki periode yang berbeda dalam siklus, tidak jarang ditemui wanita yang terlambat datang bulan untuk berbulan-bulan.



Perempuan yang aktif secara seksual pasti akan panik ketika saat itu adalah periode menstruasi bulanan tetapi tidak datang. Tapi ingat, ini belum tentu karena kehamilan, tapi mungkin ada sesuatu yang salah.


jangka waktu yang panjang setiap wanita berbeda. Ada 7 sampai 8 hari, hanya ada lima hari, hanya ada tiga hari, namun ada juga yang sampai 10 hari. Ini sudah menjadi kewajaran. Karena setiap orang merupakan kegiatan yang berbeda dan hormonal dirilis juga berbeda. Apakah waktu yang lama ini tergantung pada kondisi subjek yang mengalami, tetapi juga bisa disebabkan oleh pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi. Demikian juga ketika darah menstruasi adalah berwarna hitam.

Siklus menstruasi normal dialami oleh wanita biasanya sekitar setiap 21-35 hari, dengan jangka waktu sekitar 3-7 hari, dan volume darah yang dikeluarkan sekitar 20-60 ml setiap hari. Berdasarkan penuturan para ahli, wanita haid sekitar 500 kali selama hidupnya. Tapi wanita kadang-kadang siklus menstruasi yang tidak menentu. Ada tanggal kemajuan bulanan, namun ada juga yang terlambat. Hal ini karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penyebab menstruasi tidak teratur dapat faktor kesehatan fisik, bisa disebabkan oleh faktor psikologis, bisa jadi karena obat - obat.

"Jika seorang wanita aktif secara seksual mengalami masa akhir, itu harus dipastikan terlebih dahulu adalah apakah ada kehamilan. Karena tidak setiap kasus menstruasi tertunda pasti hamil," kata Dr Irfan Mulyana Mustafa, dokter kandungan, spesialis obstetri dan ginekologi rumah sakit Leuwiliang untuk detikHealth, seperti ditulis Rabu (2014/08/01).

latar belakang pendidikan yang rendah dan kurangnya informasi membuat orang-orang seperti hakim bahwa wanita yang terlambat haid pasti hamil. Namun, menurut Dr. Irfan sebelum menebak seseorang hamil atau tidak, baik, pastikan terlebih dahulu dengan melakukan serangkaian tes, dapat menggunakan testpack atau USG dokter kandungan.

Bukan hanya karena yang membuat seorang wanita terlambat datang bulan hamil, tetapi ada faktor lain yang mempengaruhi siklus menstruasi wanita dan menyebabkan tamu bulanan datang terlambat. Dr Irfan menjelaskan bahwa haid yang normal dilihat dari tiga hal, yaitu interval, durasi dan volume darah. Melampaui batas-batas menstruasi normal yang disebut dengan perdarahan uterus abnormal (perdarahan uterus abnormal) atau gangguan menstruasi.

"Gangguan menstruasi untuk interval menstruasi dibagi menjadi oligomenore (jarang menstruasi) jika interval haidnya lebih dari 35 hari dan Polimenorhhea (sering menstruasi) jika interval haidnya kurang dari 21 hari atau Amenore jika tidak ada menstruasi lebih dari 3 bulan. Ini harus dicari lanjut penyebab menstruasi jarang atau sering. Jika perlu, spesialis kebidanan dan kandungan akan memberikan intervensi obat hormonal untuk mengatur siklus menstruasi sehingga diharapkan siklus menstruasi normal, "jelas Dr Irfan.

Dr Irfan menambahkan fisiologis menyebabkan terjadinya kasus amenore atau tidak menstruasi selama tiga bulan, yaitu pada wanita mendekati masa pubertas, kehamilan, menyusui dan menopause. Sedangkan penyebab patologis jika terlambat haid atau bahkan amenorhhea disebabkan oleh beberapa hal, seperti stres, sejarah operasi pengangkatan indung telur (telur nyata), operasi pengangkatan rahim, gizi buruk, obesitas, atau tumor di rahim organ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar